Seperti namanya, bahasa Arab berasal berasal dari semenanjung Arab di Timur Tengah.

Ini adalah makna yang digunakan untuk beberapa bahasa Semit (dua lainnya adalah Ibrani, dan Aram).

Bahasa Arab memiliki 300 juta penutur yang tersebar di seluruh dunia yang kebanyakan berada Dunia Arab, dan merupakan keliru satu berasal dari 5 bahasa yang paling banyak digunakan di seluruh dunia.

Bahasa Arab dapat memunculkan keingintahuan tertentu karena bunyi, fonetik, dan pola pelafalannya yang khas, terlebih wujud hurufnya yang unik dan kosa katanya yang beragam.

Namun, perbedaan substansial antara bahasa Arab lisan dan bahasa Arab tulis kebanyakan dapat terlalu membingungkan bagi pemula.

Bahasa Arab Sastra, yang terhitung dikenal sebagai Bahasa Arab Standar Modern (Modern Standard Arabic atau MSA), merujuk pada bahasa Arab tulis.

Bahasa Arab jenis ini mempunyai arti tersendiri di kalangan orang Islam karena digunakan oleh Tuhan di dalam firmannya yang berbentuk Al-Quran yang disampaikan kepada Nabi Muhammad. Bahasa Arab tulis berlainan bersama dengan bahasa Arab lisan.Setiap negara di Timur Tengah dan Afrika Utara memiliki dialeknya sendiri.Artinya, baik bahasa Arab Mesir, bahasa Arab Maroko, bahasa Arab Lebanon, maupun bahasa Arab Palestina, semuanya sangatlah berbeda. Perbedaannya tidak cuma di dalam halpengucapan atau ungkapan sehari-hari, namun terhitung di dalam perihal tata bahasanya, kosakatanya, dan juga frasa yang digunakan.

Jadi, jikalau Anda ingin dapat berbicara di dalam bahasa Arab, Anda harus tahu dialek mana yang paling cocok  dengan keperluan Anda. Kursus arab pare bisa membantu Anda untuk belajar bahasa Arab.

Dalam artikel ini, kami dapat berfokus pada Bahasa Arab Sastra yang digunakan di dalam Al-Quran, tanpa mengupas dialek orang Badui dan Afrika sub-Sahara!