Sudah ada yang membahas cara buat sambal bebek goreng purnama. Tetapi di sini kita akan bahas secara lebih detail lagi. Karena bebek goreng ini banyak difavoritkan banyak orang. Bahkan banyak juga manfaat yang terkandung dalam daging bebek ini.

Sebelumnya kita sudah pernah bahas resep sambal bebek goreng. Sekarang kita bahas cara buat sambal bebek goreng purnama. Simak penjelasan berikut !

Daging Bebek

Bebek merupakan sumber protein yang baik, bersama dengan ayam dan daging sapi. Meski begitu, daging bebek juga dikenal dengan kandungan kolesterolnya yang tinggi. Kandungan gizi pada daging bebek adalah sebagai sumber protein.

Daging bebek memiliki kandungan kalori dan lemak yang tinggi. 45 gram daging bebek (satu potong) yaitu mengandung 7 gram protein, 150 kalori, dan 13 gram lemak. Jumlah ini setara dengan 45 gram daging ayam yang dikuliti.

Daging bebek juga mengandung protein. Protein adalah zat yang paling dibutuhkan tubuh. Fungsi utama protein adalah sebagai zat binaraga. Protein juga membantu meningkatkan kekebalan untuk melawan infeksi. 55 persen dari kebutuhan protein harian Anda tercakup dalam 100 gram daging bebek.

Lemak pada daging bebek berdampak lebih besar pada kadar kolesterol darah dibandingkan asupan kolesterol. Batasi asupan lemak jenuh Anda tidak lebih dari 7-10 persen dari kalori harian Anda.

85 gram daging bebek tanpa kulit mengandung 4 gram lemak jenuh dan 75 miligram kolesterol. 85 gram daging bebek yang dimasak dengan kulitnya kini mengandung 8 gram lemak jenuh dan 70 miligram kolesterol.

Ini kira-kira 25 persen dari batas yang direkomendasikan 300 miligram kolesterol per hari untuk orang dewasa yang sehat. Jika Anda menderita penyakit jantung atau kolesterol tinggi, batasi asupan kolesterol harian Anda hingga 200 miligram per hari.

Misalnya, kebutuhan kalori Anda dalam sehari adalah 2.000 kalori. Jadi 20 persen atau 40 persen dari asupan lemak jenuh yang Anda rekomendasikan untuk hari itu, tergantung pada jenis bebek yang Anda makan.

Vitamin dan mineralyang terdapat pada daging bebek ini termasuk zat besi, seng, selenium, vitamin B, kalium dan fosfor. Bahkan daging bebek memberikan sumber zat besi yang sangat baik, yaitu zat besi heme.

Ini adalah kelompok besi yang biasa ditemukan pada daging, tidak hanya bebek, tapi juga daging sapi dan ayam, serta ikan. Zat besi ini lebih mudah diserap oleh tubuh Anda daripada zat besi non-heme yang ditemukan dalam makanan nabati.

Zat besi mengatur berbagai aktivitas metabolisme, membantu mengatur pertumbuhan sel, dan membantu produksi enzim tertentu. Vitamin B12 dan B6 juga ditemukan pada daging bebek. Vitamin B membantu tubuh Anda menghasilkan energi dari makanan yang Anda makan.

Selain itu, zinc dan selenium merupakan komponen yang tidak boleh ditinggalkan. Setiap konsumsi 3,5 gram daging bebek mengandung 1,9 miligram zinc (yaitu 17% dari dosis yang dibutuhkan oleh pria.

Dan 24% dari dosis yang dibutuhkan oleh wanita dalam sehari) dan 14 mikrogram selenium. Keduanya dapat meningkatkan sistem kekebalan Anda.

Manfaat Daging Bebek untuk Kesehatan

Sebelum membahas manfaat dari daging bebek sendiri, jangan lupa baca artikel cara membuat bawang goreng tidak berminyak.

1. Menjadi Sumber Protein yang Sangat Baik

Kandungan nutrisi utama yang terdapat dalam daging bebek adalah protein. Protein yang terdapat pada daging bebek terkandung dalam protein sangat berkualitas tinggi. Karena ada beberapa asam amino esensial dan non esensial yang lumayan baik untuk kesehatan.

2. Melindungi Tulang

Dipercaya bahwa mengonsumsi protein yang berasal dari hewan, termasuk daging bebek ini,karena dapat meningkatkan kepadatan tulang. Tak hanya itu, protein ini juga dipercaya dapat meningkatkan kekuatan pada tulang.

Tentunya manfaat daging bebek ini semakin sempurna apabila Anda mengonsumsi kalsium yang cukup

3. Meningkatkan Stamina

Daging bebek mengandung selenium, sejenis antioksidan yang dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan pada sel dan mengurangi peradangan. Kandungan ini merupakan kunci penting untuk memperkuat pada sistem kekebalan tubuh.

4. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Selain ikan, daging bebek ternyata juga mengandung asam lemak omega-3 yang terbukti baik untuk kesehatan jantung. Namun manfaat tersebut justru hanya bisa diraih jika daging bebek diolah dengan cara yang sehat saja.

5. Mendukung Diet Keto

Lemak selain omega-3 dalam daging bebek harus dihindari oleh orang yang mencoba mengurangi konsumsi makanan berlemak. Bagi mereka yang diet keto, daging bebek berlemak bisa menjadi pilihan yang bagus.

Meski begitu, Anda tetap perlu menyesuaikan porsinya dan tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Dari 100 gram daging bebek yang ada kulitnya, hampir 40 gramnya mengandung lemak. Sekarang 13 gram lemak jenuh, yang tidak baik untuk kesehatan Anda.

6. Menjaga Kesehatan Tiroid

Memenuhi kebutuhan selenium harian juga dapat membantu tubuh menjaga kesehatan tiroid. Tiroid adalah tempat produksi berbagai hormon yang penting untuk pertumbuhan, perkembangan, dan metabolisme dalam tubuh.

7. Menjadi Pengganti Mentega atau Minyak

Faktanya, lemak yang terdapat pada bebek bisa dibilang tidak jauh lebih sehat dibandingkan dengan minyak nabati seperti minyak zaitun. Dibandingkan dengan mentega, lemak babi, atau minyak yang terbuat dari lemak sapi, minyak lemak bebek mungkin sedikit lebih sehat.

Ini karena jumlah lemak jenuh pada bebek tidak setinggi pada minyak lain yang disebutkan di atas. Merasakan manfaat daging bebek tidak bisa dicapai hanya dengan makan nasi bebek. Anda perlu memprosesnya dengan lebih sehat, mis. B. panggang atau masak.

Cara Buat Sambal Bebek Goreng Purnama

cara buat sambal bebek goreng purnama

Bahan-bahan :

  • 1 ekor bebek
  • Bumbu halus
  • 15 butir bawang merah
  • 8 butir bawang putih dikupas menggunakan mesin pengupas bawang
  • 10 buah cabai merah
  • 8 buah cabai rawit
  • 1 sdm ketumbar
  • 1/4 sdm merica
  • 2 cm jahe
  • Kunyit 2 cm
  • 2 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh gula pasir
  • Masako sedikit (bisa melewati)
  • Terasi secukupnya
  • 7 lembar daun jeruk
  • 4 lembar daun salam
  • 3 lembar daun serai geprek
  • 1/4 butir kelapa kering
  • Jeruk nipis
  • 3 gelas air

Cara Membuat Sambal Bebek Goreng Purnama :

  1. Potong bebek sesuai kebutuhan. Kemudian biarkan masak selama sekitar 30 menit. Kemudian tambahkan jeruk nipis dan sisihkan.
  2. Aduk / giling semua bahan hingga rata.
  3. Kemudian goreng bumbu halus dan tambahkan daun salam. Setelah saya harus memasukkan bebek. Dan tambahkan air.
  4. Peras selama kurang lebih 30 menit, sampai bebek empuk saat disentuh (periksa secara teratur).
  5. Buat bumbu bebek. Siapkan kelapa dalam mangkuk dan tambahkan 1 sendok makan bumbu bebek. Aduk sampai semuanya tercampur rata.
  6. Goreng hingga berwarna kecoklatan. Saat sudah matang, angkat wajan dan saring.
  7. Tips Memanggang: Panaskan minyak dan itik perlu direndam dalam minyak agar matang merata.

Demikian merupakan cara buat sambal bebek goreng purnama. Semoga dapat bermanfaat dan membantu untuk kalian semuanya. Selamat mencobanya ketika di rumah