0Resep singkong tepung panir ini adalah topik pembahasan kita kali ini sebelum masuk seperti biasa saya akan menjelaskan apa itu singkong dan sejarah singkatnya.

Sejarah Singkat Singkong

Singkong (cassava) yang dalam bahasa latinnya disebut Manihot Esculenta Crantz ini berasal dari Brazil. Namun sekarang tanaman ini sudah sangat familiar bagi kita, seringkali dianggap sebagai bahan pangan yang berkualitas rendah. Kalau kita ingat sedikit dengan zaman penjajahan bekas orang asing. Indonesia pernah dijajah oleh Portugis, salah satu bangsa yang menjajah Indonesia.

Portugis yang membawa tanaman asli Brasil ini ke Indonesia.Di daerah asalnya (Amerika Latin), singkong merupakan makanan pokok karena umbi singkong diketahui mengandung banyak kalori. Portugis tidak hanya membawa singkong, tetapi mulai membuat program untuk menanam singkong sampai singkong ditanam secara komersial, mengingat potensi besar yang dapat dihasilkannya.

Singkong merupakan tanaman yang mudah tumbuh, bahkan di daerah tandus yang tanahnya kurang hara (cukup untuk merekatkan bagian batang dengan ukuran tertentu). Tanaman ini tidak memerlukan perawatan dan biasanya memiliki hasil yang cukup tinggi setelah 9 bulan tanam. Selain itu potensi untuk mengeksploitasi seluruh bagian tanaman ini juga besar. Daunnya kaya zat besi dan sering digunakan sebagai sayuran.

Bulat yaitu umbi-umbian mengandung kalori lebih banyak dari pada beras, sehingga tujuan Portugis membawa tanaman ini adalah menjadikan singkong sebagai makanan pokok bangsa Indonesia. Singkong telah terbukti di beberapa bidang sebagai makanan pokok.

Sejarah dan khasiat singkong di atas seharusnya menyadarkan kita bahwa singkong bukanlah bahan pangan yang berkualitas rendah. Apalagi saat ini banyak terdapat olahan makanan singkong yang enak, bergizi dan penampilannya menarik.

Resep Singkong Tepung Panir

Resep Singkong Tepung Panir

Makanan lezat yang dibuat dari bahan utama singkong yaitu dengan tambahan campurann bahan tepung panir sehingga membuat singkong semakin renyah dan tampilan nya juga semakin menarik.

Bahan – bahan Resep Singkong Tepung Panir :

  • 500 gram singkong (tergantung hasil panen)
  • 1 sendok makan bubuk vanili

Lapisan bola:

  • 3 sendok makan tepung terigu
  • secukupnya Garam dan gula pasir
  • secukupnya Air
  • secukupnya tepung panir

Isi bola:

  • secukupnya gula merah
  • untuk mencicipi Gula
  • 1 balok keju
  • 1 kantong Myses

Cara Membuat Resep Singkong Tepung Panir :

  1. Singkong dikupas, potong-potong, cuci bersih dan tiriskan.
  2. Kukus singkong selama 30 menit
  3. Haluskan singkong yang sudah matang selagi hangat agar mudah hancur
  4. Taburi dengan vanilla, aduk.
  5. Bentuk bulat (sesuai selera), isi dengan gula / gula merah / keju / myses atau isian lainnya sesuai selera
  6. Buat campuran terigu, gula pasir, garam dan air.
  7. Celupkan bola singkong ke dalam adonan tepung dan tutup dengan tepung roti.
  8. Siapkan minyak untuk menggoreng. Goreng bola singkong dengan api kecil hingga berwarna kuning keemasan. Angkat dan tiriskan.

Kalian juga bisa mencoba olahan singkong yang lain yaitu resep singkong goreng dijamin enak dan crispy.

Manfaat Singkong Bagi Kesehatan

1. Sumber Serat yang Sehat

Singkong mengandung karbohidrat, termasuk serat makanan yang sangat bermanfaat. Mengkonsumsi serat telah dikaitkan dengan sejumlah manfaat kesehatan, termasuk menurunkan tekanan darah, menurunkan kolesterol, mengontrol gula darah, dan menurunkan risiko obesitas.

2. Baik Untuk Pencernaan

Manfaat singkong antara lain serat yang baik untuk pencernaan. Serat membantu memproses racun yang masuk ke usus. Pati resisten dalam singkong memberi makan bakteri menguntungkan di usus yang dapat membantu mengurangi peradangan dan memperbaiki pencernaan. Pati yang paling tahan ada pada keseluruhan bentuk singkong matang.

3. Sumber Magnesium dan Tembaga

Singkong juga kaya magnesium dan tembaga. Konsumsi magnesium dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko osteoporosis. Sementara itu, pola makan kaya tembaga membantu mendukung fungsi saraf yang sehat.

4. Memperkuat Tulang

Manfaat singkong adalah sebagai sumber kalsium, magnesium, fosfor dan kalium yang kesemuanya bermanfaat untuk tulang. Kalsium merupakan bagian penting dari pembentukan tulang. Sekitar 99 persen kalsium dalam tubuh manusia ditemukan di tulang dan gigi. Tubuh membutuhkan sejumlah kalsium untuk membangun dan memelihara tulang yang kuat.

Magnesium penting untuk pembentukan tulang. Ini membantu mengasimilasi kalsium dalam tulang dan berperan dalam mengaktifkan vitamin D di ginjal. Fosfor bekerja bersama-sama dengan kalsium untuk membangun tulang. Sedangkan makanan yang kaya kalium bisa membantu mencegah osteoporosis.

5. Sumber Vitamin C dan Asam Folat

Vitamin C dan asam folat yang banyak terdapat pada singkong juga memberikan manfaat bagi kesehatan. Folat berperan dalam mengurangi risiko komplikasi kehamilan dan pencegahan kanker usus besar. Sementara itu, makanan tinggi vitamin C telah dikaitkan dengan antioksidan yang melindungi dari penyakit jantung koroner dan beberapa jenis kanker.

6. Tingkatkan Kekebalan

Folat dan Vitamin C yang keduanya banyak terdapat pada daun singkong sangat baik untuk sistem kekebalan tubuh. Vitamin C membantu sistem kekebalan dengan menghilangkan virus dan bakteri. Folat membantu dalam produksi sel dalam tubuh agar berfungsi secara normal dan mencegah mutasi DNA.

7. Perkuat Otot

Singkong, baik dikonsumsi utuh maupun tepung, membantu membangun otot yang kuat. Manfaat singkong antara lain protein yang menjaga kesehatan otot dan menyehatkan jaringan. Kalium dalam singkong juga membantu menjaga massa otot pada orang tua, serta selama kondisi yang menyebabkan pengecilan otot, seperti ketosis diabetikum.

8. Mendukung Berat Badan Ideal

Singkong mengandung karbohidrat kompleks yang berguna untuk menjaga berat badan ideal. Karbohidrat dalam singkong terdiri dari serat, lemak, dan kalori sehat. Kandungan serat yang tinggi pada singkong membantu tubuh untuk tetap kenyang lebih lama dan mencegah makan berlebihan.

9. Tekanan Darah Rendah

Singkong sangat kaya serat, yang juga berperan dalam menurunkan tekanan darah. Selain itu, singkong juga merupakan sumber kalium yang bagus. Meningkatkan asupan kalium dan mengurangi natrium sangat penting untuk mengurangi risiko tekanan darah dan penyakit kardiovaskular.

10. Bebas Kolesterol

Khasiat singkong dan olahannya bebas kolesterol. Kolesterol tinggi dapat menyebabkan penumpukan plak di arteri yang dikenal sebagai aterosklerosis. Jika tidak diobati, aterosklerosis dapat menyebabkan angina pektoris, serangan jantung, dan stroke.

11. Jagalah Kesehatan Mata Anda

Singkong kaya akan vitamin A dan senyawa seperti fuelotene. Nutrisi tersebut baik untuk kesehatan mata. Konsumsi singkong bisa mencegah masalah mata seperti penglihatan kabur atau buruk.

12. Mencegah Penyakit Diabetes

Pati resisten juga berkontribusi pada kesehatan metabolisme yang lebih baik dan mengurangi risiko obesitas dan diabetes tipe 2. Ini karena potensinya untuk meningkatkan gula darah, selain menambah rasa kenyang.

13. Tingkatkan Energi

Tepung singkong merupakan sumber karbohidrat yang bagus. Karbohidrat dibutuhkan untuk menghasilkan energi dalam tubuh. Tak hanya itu, otak mulai bekerja lebih efisien saat tubuh memiliki energi yang cukup.

14. Sumber Vitamin B1

Vitamin B1 atau tiamin memungkinkan tubuh menggunakan karbohidrat untuk energi. Ini penting untuk metabolisme glukosa dan memainkan peran kunci dalam fungsi saraf, otot dan jantung. Vitamin ini membantu mencegah komplikasi pada sistem saraf, otak, otot, jantung, lambung, dan usus.

Sekian artikel dari saya semoga bermanfaat apabila kalian ingin mengolah singkong dengan cepat kalian bisa gunakan mesin keripik singkong multifungsi dijamin kinerja akan lebih cepat dan hasil maximal .Terimakasih