Cara bikin kuah mie ayam tentunya sebagian orang ingin menikmati kuahnya juga. Saus pedas sering kali menjadi bagian penting dari penyajian mie ayam. Tapi tidak semua orang bisa membuat kuah mie ayam yang enak. Jika ingin membuatnya sendiri di rumah, berikut resepnya.

Asal muasal Kuah mie ayam

Ketika kita berbicara tentang mie ayam, kita langsung berpikir tentang semangkuk mie plus potongan ayam, sawi matang, sedikit daun bawang, dan bahan tambahan lainnya seperti bakso dan pangsit yang dimasak atau digoreng. Namun, belum banyak orang yang benar-benar mengetahui asal muasal mie ayam di Indonesia, sehingga mudah ditemukan saat kita lapar.

Makanan diketahui bisa digunakan sebagai penolong saat Anda merasa lapar siang atau malam. Ini sebenarnya makanan Cina. Di mana mereka lahir, mi-nya tidak jauh berbeda dengan yang ada di Indonesia. Terbuat dari tepung terigu dan di atas pasta biasanya ditambah dengan lauk pauk berupa potongan daging dan sayuran pedas.

Cuma di Indonesia ada bakso, siomay dan jamur yang direbus atau digoreng. Setelah aksesi pertama di Indonesia, daging babi diganti dengan ayam sebagai topping. Karena mayoritas kerajaan kuno nusantara adalah kerajaan Islam. Selain penyesuaian, menambahkan variasi mie ayam membuatnya semakin beragam. Ada mie yamin yang manis karena ditambah kecap.

Selain menambah variasi, proses makannya juga berubah. Di tanah airnya, Bakmie dimakan dengan porsinya sendiri. Di Indonesia, bagaimanapun, mereka lebih suka mencampurkan sup dalam semangkuk mie. Meski berasal dari negara dengan tirai bambu, mie ayam dikenal dengan mie ayam wonogiri. Hampir semua pengrajin mie ayam di Jakarta menggunakan mie ayam ala wonogiri.

Mie ayam wonogiri terdiri dari semangkuk mie yang terdiri dari semangkuk mie dengan potongan ayam yang dimasak. Sayuran sawi matang, daun bawang, bakso dan pangsit. Mie ini bisa disajikan dengan kuah kaldu atau dikeringkan.

Satu hal yang membedakan mie ayam Wonogiri dari daerah lain adalah cita rasanya yang khas. Rahasia bumbunya terletak pada campuran minyak ayam yang terbuat dari minyak sayur, jahe, merica, ketumbar, kulit ayam, dan bawang putih.

Baca Juga : cara membuat bakmi jawa goreng

Cara Bikin Kuah Mie Ayam

Bahan :

  • Tulang ayam secukupnya
  • 1 liter air

Bumbu :

  • 4 siung bawang putih, iris (bisa menggunakan mesin)
  • 5 siung bawang merah, iris tipis
  • 2 batang daun bawang, potong-potong
  • 3 ruas jahe, memarkan
  • 1 sdt kaldu ayam
  • gula dan garam secukupnya
  • minyak goreng secukupnya untuk menumis

Cara Membuat :

  1. Didihkan tulang ayam, buang busa dan kotoran yang mengapung di permukaan untuk menghasilkan kaldu yang bersih.
  2. Tumis bawang merah dan bawang putih yang harum, tambahkan daun bawang dan tumis hingga bumbu bawang merah harum.
  3. Tambahkan bumbu bawang dan jahe. Tambahkan garam, gula pasir dan kaldu ayam secukupnya.
  4. Masak sampai kaldu enak. Jika sudah terasa pas, lepaskan.

Manfaat Mie Ayam Bagi Tubuh

Mencegah Kanker

Kandungan senyawa niasin pada mie ayam dipercaya dapat mencegah penyakit kanker. Senyawa niasin terdapat dalam vitamin B. Senyawa ini juga dapat membantu mencegah kanker merusak DNA.

Membantu Kekebalan Tubuh

Kandungan mineral pada mie ayam inilah yang menyebabkan makanan ini bisa membantu kekebalan tubuh. Sebagai manunia, tubuh kita mengandung 90% cairan. Karenanya, mineral berperan penting dalam menunjang kekebalan tubuh. Mineral dapat menahan berbagai penyakit.

Pereda Stres

Kehadiran B5 dalam mie ayam beraksi dengan tenang setelah dikonsumsi. Saat lelah, Anda bisa mencoba mengonsumsi mie ayam. Siapa tahu nanti akan lebih tenang.

Membantu Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Mie ayam mengandung B kompleks (B6). Kandungan ini dapat meningkatkan enzim dan proses metabolisme tubuh yang menjaga pembuluh darah, sumber energi, dan pembakaran kalori dalam tubuh.

Cara Bikin Kuah Mie Ayam Dengan Sehat

Semangkuk mie ayam bisa memberi energi sekitar 421 kkal. Adapun kandungan nutrisi yang paling banyak di dalamnya adalah karbohidrat sebanyak 46,2 gram dan lemak sebanyak 18,74 gram.

Dari rincian di atas dapat dilihat bahwa mie ayam termasuk makanan yang tinggi kalori. Hal ini membuat kamu tak boleh memakannya terlalu sering, karena bisa memperbesar risiko terjadinya beberapa penyakit. Jadi jika kamu ingin mencicipinya dengan lebih sehat, lakukan beberapa hal ini saja.

Pilih Mie Rendah Kalori

Mie adalah komponen utama yang menjadi sumber kalori dalam semangkuk mie ayam. Oleh sebab itu jika kamu menginginkan mie ayam yang lebih sehat, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencari mie yang memiliki kadar kalori rendah.

Ganti MSG Dengan Kaldu Buatan Sendiri

Membuat mie ayam yang sehat bukan berarti harus mengorbankan cita rasa menjadi hambar. Caranya mudah sekali, lho. Kamu hanya perlu merebus tulang ayam kampung selama beberapa jam untuk mendapatkan kuah kaldu yang sehat. Satu cangkir kuah kaldu ayam sebanyak 237 ml mengandung 38 kalori, 3 gram karbohidrat, 5 gram protein, dan 1 gram lemak.

Baca Juga : cara membuat kuah mie ayam

Sekian dari artikel saya tentang cara membuat kuah mie ayam. Semoga artikel saya bermanfaat dan bermanfaat. Anda juga bisa mencobanya di rumah dan bahan-bahannya mudah ditemukan. Terimakasih banyak.