Pada artikel pada kali ini saya akan memberikan resep masak ikan sarden kaleng yang dijamin enak dan gak bikin ribet. Sarden kaleng makanan yang kaya akan manfaatnya, salah satunya protein omega 3. Makanan ini bisa dijadikan alternatif membuat masakan yang tidak ribet tapi banyak manfaatnya.

Sarden Kaleng

Sarden Kaleng

Biasanya, saat banyak orang tidak sempat memasak, mereka lebih memilih makanan instan. Ya, makanan instan dan praktis adalah salah satu makanan yang wajib dimiliki di rumah. Nah, saat keadaan darurat dan Anda tidak punya makanan lain untuk dimakan, produk instan ini bisa membantu saat keadaan darurat. Salah satunya adalah ikan sarden. Rasanya enak dan bergizi. Sarden tersedia dalam berbagai rasa untuk disukai orang.

Dari segi harga, satu kaleng sarden juga murah dan mudah didapatkan. Biasanya ada 3 sarden di dalam toples. Sedangkan untuk pengolahannya, tidak sulit menyiapkan makanan kaleng. Anda hanya perlu memanaskannya tanpa menambahkan bumbu tambahan.

Sarden ini bisa jadi salah satu barang instan yang wajib kamu beli. Apalagi bagi anak kos dan ibu-ibu yang ingin praktis dan memerangi rokok. Namun jika Anda ingin menikmati sarden yang super gurih, Anda juga bisa berkreasi dan mencicipi sarden dengan cara yang berbeda. Anda bisa mengolahnya kembali dengan campuran bahan dan bumbu lainnya.

Misalnya membuat kroket isian sarden, menaburkan seblak sarden, petal sarden, mengolah sarden dan banyak lagi lainnya. Hmm … dijamin rasanya! Apakah Anda tertarik untuk mencoba?

Baca juga : Berikut Ini Cara Masak Ikan Sarden Kaleng Murah Meriah Dan Banyak Manfaatnya

Resep Masak Ikan Sarden Kaleng

Resep Masak Ikan Sarden Kaleng

Bahan – bahan :

  • 1 kaleng sarden
  • 3 siung bawang putih
  • 5 batang daun bawang, iris tipis
  • 2 buah cabai merah besar, iris miring
  • 7 buah cabai rawit, iris serong
  • 1 buah tomat, potong 6 bagian
  • 2 sendok makan minyak sayur

Cara Masak Ikan Sarden Kaleng :

  1. Iris tipis bawang yang sudah disiapkan bia menggunakan mesin pengiris bawang.
  2. Panaskan minyak, tumis bawang putih, bawang merah, cabai merah dan cabai dari bird’s eye view sampai harum.
  3. Masukkan sarden yang sudah dibungkus ke dalam wajan, aduk rata.
  4. Tambahkan irisan tomat dan tumis sedikit.
  5. Bumbui dengan gula dan garam, koreksi rasa.
  6. Tunggu hingga mendidih, matikan api dan sajikan sarden.

Manfaat Ikan Sarden

Manfaat Ikan Sarden

Adanya makro dan mikronutrien pada sarden tanpa kandungan lemak tinggi menjadikan sarden sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Berikut beberapa manfaat kesehatan penting dari ikan sarden:

1. Pencegahan Penyakit Jantung

Sarden kaya akan asam lemak omega-3 yang berperan dalam melawan penyakit jantung. Penelitian telah menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 seperti EPA atau asam eicosapentaenoic, serta DHA atau asam docosahexaenoic, dapat memecah kolesterol jahat LDL dalam tubuh dan membantu mencegah penyakit jantung. Asam lemak omega-3 juga dapat mengancurkan plak darah, sehingga membantu menyeimbangkan tekanan darah.

2. Mencegah Penggupalan Darah

Gumpalan darah di sistem arteri dapat merusak sistem kardiovaskular. Mengkonsumsi lemak omega-3 yang terdapat dalam sarden baik untuk jantung karena membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah, sehingga mencegah stroke dan aterosklerosis.

3. Mengurangi Risiko Degenerasi Makula

AMD adalah kondisi yang biasa terlihat pada orang berusia 50 ke atas yang telah menderita degenerasi makula dan kehilangan penglihatan selama bertahun-tahun. Studi terbaru menunjukkan bahwa makan sarden mengurangi risiko pengembangan AMD.

4. Mencegah Kanker

Sarden adalah sumber kalsium dan vitamin D yang sangat baik. Penelitian telah menunjukkan bahwa asupan kalsium dan vitamin D dapat membantu mencegah beberapa jenis kanker, termasuk kanker rektal.

Demekianlah resep yang saya berikan semoga dapat menambah wawasan tentang cara masak sarden kaleng dan manfaatnya. Silahkan dicoba dirumah masing – masing, terima kasih.