Pre filter adalah filter bersama dengan efisiensi rendah yang digunakan dalam proses HVAC yang berguna untuk menyaring kotoran dan debu di hawa bersama dengan ukuran yang besar.

Filter ini umumnya ditempatkan terhadap bagian paling awal dari proses filter AHU pas sebelum Medium filter atau Pocket Filter gara-gara mempunyai kapasitas debu yang besar dan durabilitas yang baik bersama dengan harga ekonomis ,Sesuai dengan fungsinya peralatan sistem tata udara sentral (HVAC) dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu :
1. Peralatan sistem distribusi udara

Perangkat sistem distribusi udara terdiri dari : saringan udara (filter), koil pendingin, dan kipas udara. Ketiga alat tersebut dalam satu unit pengolah udara (AHU). Peralatan ini bertanggung jawab terhadap pengkondisian udara dalam ruangan.

 

2.Peralatan Sistem plant
Peralatan sistem plant atau ditanam ini terdiri dari beberapa komponen yaitu sistem pembangkit kalor, mesin refrigrasi (chiller), menara pendingin dan sistem pemipaan (pipa air, refrigrasi, pompa).

Peralatan sistem plant ini akan menyediakan air dingin yang diperlukan oleh koil pendinginan pada mesin Air Handling Unit (AHU).

 

Pada dasarnya pendistributian udara dingin dapat dibagi menjadi dua macam yaitu:

 

  • Menghembuskan udara dingin dari AHU (Air Handling Unit) besar ke beberapa ruangan. Jenis ini cocok digunakan pada beberapa ruang yang sama atau sejenis, misalnya semua ruang temperatur udaranya sekitar 250 C. Hal ini memudahkan karena pengendaliannya cukup dilakukan pada suatu tempat
  • Masing-masing ruang mempunyai AHU kecil-kecil atau kombinasi dari sebuah AHU dan beberapa FCU (Fan Coil Unit). Jenis ini cocok digunakan pada ruangan-ruangan yang berbeda penggunannya, maka pengendaliannya tidak bisa dilakukan hanya di satu tempat.