Sejak strategi pemasaran memainkan peran yang sangat penting dalam pengembangan bisnis, itu selalu menjadi salah satu perhatian utama. Nah, pemasaran eksternal adalah salah satu dari banyak strategi yang diterapkan oleh perusahaan. Selain outbound marketing, ada juga inbound marketing. Secara umum, kedua metode tersebut berbeda dalam fokusnya. Simak pembahasannya di bawah ini untuk lebih memahami pengertian outbound marketing!

Pengertian Outbound Marketing

pengertian outbound marketing

Outbound marketing adalah metode pemasaran tradisional yang dilakukan dengan mengirimkan pesan kepada prospek tanpa permintaan dari prospek tersebut. Mengirim email marketing ke telemarketer merupakan contoh outbound marketing karena tim marketing mendorong pengiriman pesan kepada calon konsumen dan berharap pesan tersampaikan dengan baik.

Dulu, pesan pemasaran ini bisa disampaikan melalui radio, televisi, majalah atau surat kabar. Seiring kemajuan teknologi, pesan pemasaran keluar kemudian mengambil bentuk email atau pesan teks. Terlepas dari media yang digunakan, cara ini dinilai kurang efektif dari waktu ke waktu. Saat ini, orang dibombardir dengan sekitar 2.000 pesan pemasaran setiap hari.

Selain persaingan dari tim pemasaran lain, konsumen sendiri menggunakan berbagai cara untuk menghindari pesan-pesan ini, dari ekstensi pemblokiran iklan browser hingga filter ID penelepon. Namun, bukan berarti cara ini tidak bisa memberikan hasil yang optimal. Sebelum kita berbicara tentang bagaimana menerapkan strategi outbound marketing yang sukses, mari kita bahas dulu prosesnya.

Proses Outbound Marketing

Umumnya, proses outbound marketing dilakukan dalam empat langkah berikut.

1. Komunikasi Langsung

Komunikasi langsung adalah metode yang digunakan oleh bisnis untuk berkomunikasi langsung dengan konsumen. Dengan bentuk komunikasi ini, perusahaan menjangkau konsumen secara langsung melalui berbagai media seperti media sosial, email, telepon atau SMS.

Meskipun perusahaan mengirimkan banyak pesan pemasaran, komunikasi langsung biasanya menggunakan strategi personalisasi untuk membuat pelanggan merasa spesial dan tertarik.

2. Model Komunikasi Massa

Outbound marketing kemudian disampaikan dalam bentuk model komunikasi ini memberikan informasi kepada banyak khalayak yang jauh dari sumber informasi. Seperti yang telah disebutkan, oleh karena itu perusahaan menggunakan media, yaitu. jejaring sosial, email atau telepon. Dalam hal ini perusahaan juga dapat menggunakan media lain seperti televisi dan radio.

3. Peningkatan ROI

Metode ini dianggap sebagai salah satu cara tercepat untuk mencapai ROI atau laba atas investasi. ROI adalah pengembalian modal yang ditanamkan di perusahaan.

4. Tujuan Lebih Cepat Tercapai

Diharapkan proses exit marketing dapat diselaraskan dengan tujuan bisnis.

Contoh Outbound Marketing

Berikut adalah beberapa contoh strategi pemasaran keluar yang umum:

Iklan untuk Televisi dan Radio

Setiap iklan di televisi atau radio adalah contoh klasik pemasaran eksternal. Iklan ini mengganggu aktivitas Anda, misalnya Menonton program TV dan menarik perhatian ke merek atau produk mereka. Iklan televisi dan radio berpotensi menjangkau jutaan orang sekaligus, menjadikannya pilihan populer untuk iklan merek.

Coll Calling

Panggilan dingin adalah ketika seorang tenaga penjualan memanggil pelanggan potensial tanpa kontak sebelumnya. Penjual biasanya menerima daftar orang yang mungkin tertarik dengan produk tersebut. Daftar ini disusun berdasarkan minat orang, demografi, atau faktor lainnya. Dengan panggilan dingin, wiraniaga mengambil langkah pertama dalam proses pencarian calon pelanggan berkualitas tinggi.

Email Marketing

Email Marketing seperti panggilan dingin, tetapi proses ini dilakukan melalui email. Saat perusahaan menggunakan pemasaran email, mereka biasanya memiliki proses otomatis yang mengirimkan email ke prospek potensial.

Jika prospek menanggapi email tersebut, mereka akan diteruskan ke penjual. Bisnis memperoleh alamat email melalui situs web, media sosial, atau hanya dengan membeli ribuan daftar. Nawala adalah bentuk umum dari pemasaran email.

Surat Langsung

Bentuk pemasaran keluar yang cukup umum adalah surat langsung. Jika Anda pernah menerima selebaran melalui surat yang mengiklankan bisnis lokal, Anda adalah target kampanye pemasaran keluar.

Surat langsung seringkali merupakan strategi yang menguntungkan bagi bisnis lokal karena Anda dapat langsung menargetkan pemirsa di wilayah Anda. Orang-orang juga memeriksa surat mereka setiap hari dan memastikan brosur Anda terlihat.

Dan apabila anda perlu berbagai informasi atau usaha anda dapat mengunjungi situs tarijame Anda akan menemui tentang artikel-artikel lainnya yang bermanfaat.